Random

Get this widget!

Pilih Font

Kamis, 18 Agustus 2016

Strategi Menghadapi Slowdown Market dengan Tehnik Pengayaan Data untuk Meningkatkan Penjualan bagian 1 (Enrichment customer database to boosting sales in an slowdown market...part 1 off...

Print Friendly and PDF

Ini sedikit sharing tentang biografi saya saat melakukan  pengayaan database dengan cara-cara yang berbeda. Pada umumnya, saya tidak mau mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang saya lakukan. Bahkan seandainya kegiatan tersebut mendatangkan pujian. Namun karena kejadian ini sudah berlalu dalam kurun waktu yang lama (tahun 2004-2006), maka kali ini saya sharingkan melalui blog ini.

Dalam catatan buku harian saya, ada banyak ide cara-cara pengayaan database secara praktis. Beberapa ide yang saya tulis sangat berbeda dengan kebanyakan ide-ide orang marketing. Karena saya mempunyai background sebagai engineer di bidang tehnik mesin. Dan beberapa ide pengayaan sudah pernah saya jalankan dengan cara yang sama sekali berbeda dengan kebanyakan orang. Cara mendapatkan data, cara menindaklanjuti sampai cara menjualnya dan cara memanage pasca penjualan juga sangat berbeda dengan penjualan2 sejenis yang ada.
Saya akan sharingkan melalui tulisan di blog saya ini pada enrichment database program part ...2 ...3....dstnya. Database adalah kekuatan dan tabungan dalam sebuah perusahaan. Saya memiliki database pelanggan sepeda motor Honda lebih dari 5 juta. bahkan konsumen premium yang pembeli motor Big Bike yang harganya diatas 125 juta bahkan ada yang 430 juta. Ini database yang bukan sembarangan. Data konsumen tersebut sebagian besar di wilayah Jawa Tengah dan Yogya, namun ada juga sekitar 25-45 % ada data konsumen yang bertempat tinggal di wilayah dari Irian sampai Sumatera.
Kadang saya ingin bekerjasama dengan perusahaan lain agar tercipta simbiosis mutualisme. Namun terbatasnya waktu, wewenang, dan prosedur perusahaan kadang bisa membuat susah untuk melangkah kesana.

Pada tahun 2004  - 2006, Saya masih bekerja di PT. Astra International Tbk-Honda cabang Yogyakarta. HSO Yogya sebagai main dealer penjualan sepeda motor Honda mempunyai jaringan penjualan sekitar  200 bengkel, 300 toko suku cadang, dan 92 dealer.
Wilayah Astra Motor Yogya (sebutan lain HSO Yogya) terdiri dari 3 karesidenan;
1.       Karesidenan Yogya yang terdiri dari 5 kabupaten :  Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman dan Kodya Yogyakarta
2.       Karisedenan Kedu ; Kabupaten  Kebumen, Kabupaten Magelang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Purworejo, Kota Magelang,
3.       Karesidenan Banyumas yang terdiri dari beberapa kabupaten diantaranya Kabupaten Banyumas dengan Ibukota Purwokerto, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga,  Kabupaten Karanganyar
Penjualan motor Honda perbulan dalam kurun waktu tersebut rata-rata perkiraan adalah 5000 motor per bulan. Nggak seperti tahun 2016 ini, dimana penjualan kadang melebihi 20.000 unit motor per bulan.
Salah satu cara untuk membantu penjualan sepeda motor Honda adalah dengan cara meningkatkan image tentang value motor tersebut. Semakin bagus image suatu produk maka semakin mudah dalam kita menjual produk tersebut. Image ini didapat dari sebuah proses perjuangan yang panjang, bahkan untuk mendapatkan image yang bagus memerlukan biaya yang mahal.
Ada 3 hal yang melatar belakangi mengapa saya mengusulkan program pengayaan database ini, yaitu ;
1.       Honda dinilai sebagai motornya orang tua dan motor Yamaha khususnya Yupiter dan Suzuki Satria dinilai sebagai motor anak muda , maka saya berfikir bagaimana Honda bisa makin meningkat imagenya, khususnya dalam benak anak-anak muda. Apalagi saya melihat produk Honda waktu iitu kebanyakan berwarna hitam.
2.       Yang berperan sebagai penentu keputusan pembelian adalah anak muda, sementara orang tua memerankan sebagai pendukung dan penyedia dana.
3.       Jarang ada kegiatan dari Honda yang mengarah ke segmen pelajar (tahun 2004-2006).
Tujuan dari hal tersebut adalah : “Saya ingin memenangkan Honda untuk generasi yang akan datang” Atau boleh dibilang ingin menciptakan generasi dalam kurun 5 sd 10 th berikutnya adalah “generasi Honda”.
Dari 3 hal tersebut maka saya berkonsultasi dengan pimpinan dan motivator saya Bapak Herry Budijanto Dragono. Saya masuk ke ruangan region head saya tersebut dan minta pendapat beliau kalau saya ingin mengajar ke sekolah-sekolah SMA, SMP, atau bahkan SD dan TK sampai tingkat  universitas. Sesi pelajaran bimbingan karir cocok sebagai media sharing & motivasi tentang Honda khususnya profesionalisme dunia kerja. Saya membawa tema dari pesan Soichiro Honda yaitu : “The Power of Dream.”
Pimpinan saya menyetujui bahkan beberapa waktu akan ikut pada sesi sesi tersebut. Dan Pak Herry mengisi sesi  motivasi.
Dalam setiap acara kuliah atau pembelajaran, kami membagikan angket yang berisi biodata peserta. Melalui biodata tersebut akhirnya kami bisa melakukan follow up dengan cara-cara yang lain untuk bisa menutup penjualan motor. 

Kami juga membagikan buku-buku tulis Honda secara gratis. Karena kami juga mendapatkan sponsor dari FIF dan juga dana dari Honda sendiri tentunya. Buku tulis yang saya bagikan di design khusus. Design cover buku, halaman dalam buku, kata pengantar, calender, dan beberapa pembatas termasuk sampul belakang bernuansa keunggulan produk motor Honda.  Untuk TK kami menggunakan cover buku gambar yang lucu misal doremon,..dstnya

Waktu itu saya berpikir bila seorang salesman Honda mau menjual motor ke sekolah atau ke kampus,,tentu akan mengganggu proses kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu saya mengusulkan program ini ke pimpinan saya. Jadi ini adalah bagian dari proses penjualan. Jadi menjual adalah rangkaian proses dari membangun kepercayaan (building trust) sampai dengan closing deal dan customer retention hingga customer loyality. (ternyata ini di kemudian hari baru saya ketahui ilmu Winning Marketing Executif dari HCDI dibawah pimpinan Pak Eko)
Singkatnya silahkan lihat beberapa gambar foto yang saya tampilkan. Namun untuk analisa hasil angket, rekaman video saat mengajar, dan tindak lanjut sampai terjadinya penjualan (closing deal) belum bisa saya tampilkan disini.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar