Random

Get this widget!

Pilih Font

Jumat, 20 Juni 2014

10 Cara Memupuk Kreatifitas

Print Friendly and PDF

Mungkin Anda seringkali  berpikir bahwa kreatifitas hanyalah milik sebaglan orang saja, seperti penulis, ilmuwan, atau artis. Tidak, kreatifttas merupakan kemampuan alami manusia yang dianugrahkan oleh Tuhan Allah seperti saat kita bernafas. Setiap orang mampu memiliki kreatifitas yang tinggi  karena  dia  menginginkannya.  Kreatifitas  dapat  dikembangkan  dan ditingkatkan. Kreatifitas sama seperti otot kita, bila tidak kita latih dan gunakan secara baik, maka otot akan kehilangan kakuatannya.
Untuk menjadi kreatif, Anda tidak perlu memiliki IQ atau kecerdasan yang tinggi. Karena terbukti, banyak orang yang memiliki IQ, tinggi tetapi tidak dapat melakukan apa-apa untuk membuat hidupnya lebih baik. Mereka hanya bekerja di bidang pekerjaan yang tidak mereka sukai, karena terpaksa, sehingga mereka bekerja hanya untuk gaji dan bekerja pada level jauh di bawah potensi mereka sesungguhnya.
Berbeda dengan kreativrtas dan kecerdasan. Kecerdasan sebenarnya berhubungan dengan cara Anda bertindak dan bergerak. Jika Anda bertindak dengan cerdas, maka Anda cerdas. Kualitas kecerdasan (kejeniusan) seseorang dapat diukur metalui 3 hal dasar, vaitu;
Open Minded-ness. Semakin terbuka cara berpikir Anda, maka semakin terbuka dan kreatif terhadap ide baru dan pemecahan terhadap sebuah masalah
.
Kemarnpuan konsentrasi dalarn sebuati tial/masalah. Da!am kata lain. Anda harus memiliki kemampuan untuk focus dalam sebuah hal atau masalah Anda.
Kemampuan untuk memecahhan masalah secara sistematis. Anda harus melihat sebuah masalah sebagai sebuah sistem, bukan sebuah masalah yang saling terpisah satu sama lain.
Demikianlah 3 hal dasar yang dapat digunakan sebagai ukuran kecerdasan seseorang. Lalu bagaimana langkah untuk meningkatkan kreatifitas?
Berikut 10 langkah mudah untuk meningkatkan kreatifitas,
1. Ubahlah cara berpikIr Anda dari negative ke positIf.
2. Tulislah secara detail mengenai situasi kesulitan yang Anda hadapi.
3. Selalu bertanya,
4. Definisikan batasan, buat alternatif solusi.
5. Lakukan keputusan yang terbaik dari beberapa alternative solusl yang Anda buat.
6. Buatlah rencana cadangan bila keputusan terbaik Anda tidak berjalan sesuai harapanAnda.
7. Tetapkan satuan pengukuran dalam keputusan Anda.
8. Terimalah semua tanggung jawab dari kep utusan yang telah                 dibuat.
9.Tentukan deadline.
10. Segeralah take action
Diambil dari buku hikmat profesi terbitan pencetak grace offset

0 komentar:

Posting Komentar