Random

Get this widget!

Pilih Font

Kamis, 06 Maret 2014

Membangun Sikap Positif

Print Friendly and PDF

Profesional, memiliki sikap yang positif adalah salah faktor penting yang sangat mendukung kesuksesan dalam kehidupan kita.  Joel Oesteen pemah mengatakan, “Your attitude, not your aptitude, that determines your  altitude. " Yang berarti “Sikapmu bukan kemampuanmu, itulah yang akan menentukan kesuksesanmu. " Hal ini bisa kita lihat, jika kita membandingkan dua orang yang memiliki kemampuan yang sama, maka kita akan dapatkan bahwa dia yang memiliki sikap yang positiflah yang meraih kesuksesan yang lebih besar.
Narnun demikian, bukanlah hal mudah bagi seseorang untuk tetap bersikap positif dalam setiap keadaan. Ketika sesuatu yang kurang berkenan di hatinya terjadi, seringkali orang cenderung bersikap negatif. Tentu saja sikap ini akan menghambat kesuksesan yang seharusnya ia peroleh. Karena itu, kita perlu membangun sikap mental yang positif agar kita meraih sukses, mempertahankan dan mengembangkan kesuksesan itu.  Berikut ini  10 langkah yang bisa kita tetapkan untuk mengembangkan sikap yang positif dalam diri kita, yaitu:

1. Membaca buku-buku yang positif dan menginspirasi. Pepatah mengatakan, "Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah kuncinya." Semakin banyak ilmu yang kita kuasai, maka semakin banyak pula solusi yang kita miliki untuk memecahkan berbagai persoalan. Dengan demikian kita akan selalu menghadapi segala masalah dengan sabar, tenang, berlapang dada dan mampu selalu berpikir jernih. Tidak hanya itu, kita juga akan mampu membaca setiap peluang dan kesempatan yang bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan karir, usaha. dan segala potensi yang kita miliki.

2. Mendengarkan tips-tips motivasi. Seperti membaca buku, dengan mendengar tips-tips dari orang vang sudah berpengalaman di bidangnva, dengan sendirinva kita juga akan mampu mengambil langkah tepat untuk mengambil keputusan dan mengembangkan kesuksesan.

3. Bangun lebih awal. Dengan bangun lebih awal, kita tidak akan tergesa-gesa dalam menjalani aktivitas kita sebari-hari sehingga akan bekerja dalam mood yang baik dan hasil yangkita capai lebih maksimal.

4. Olahraga.  Olahraga akan membuat tubuh kita lebih bugar dan stamina kita tetap terjaga. Daya tahan tubuh akan semak menengkat. Kita akan mampu menjalani segala aktivitas kita dengan penuh energi dan semangat.

5. Rencanakan hari anda. Memang tidak semua yang kita rencanakan bisa berbasil dengan baik. Namun dengan perencanaan, kita akan lebih mudah untuk mengatur segala kesibukan kita dengan efektif. Prioritaskan pekerjaan yang lebih penting dan mendesak agar beban kita tidak semakin berat karena terlalu banyak pekerjaan yang menumpuk.

6. Makan makanan yang bergizi. Makanan juga menjadi salah satu factor penting dalam menjalani aktivitas kita sehari-hari. Tanpa asupan gizi yang cukup, badan kita akan mudah lelah dan rentan terbadap penyakit. Tidak hanya kemampuan fisik, tetapi kemampuan berpikir kita pun juga akan menurun jika kita tidak mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

7. Mengertilah bahwa segala sesuatu berjalan mungkin tidak sesuai seperti yang direncanakan. Kita perlu berpikir positif dalam seliap situasi. Janganlah marah jika sesuatu tidak berjalan seperti yang kita harapkan. Segera ambil tindakan untuk memperbaiki situasi tersebut.

8. Membangun kehidupan rohani yang baik. Inilah kunci utama hidup kita sebagai orang percaya. Dengan kebidupan rohani yang baik, karakter positif akan terbentuk. Ini memang tidak mudah untuk dilakukan namun bukan berarti kita tidak bisa. Kita harus selalu membangun relasi dengan Tuhan, dan membangun hubungan priadi denganNya melalui doa-doa kita. Dengan taat dan berpegang teguh pada perintah Tuhan dan menjauhi laranganNya,  jiwa, karakter dan iman kita akan semakin bertumbuh dan mendorong kita untuk melakukan yang terbaik bagi Tuhan.

9. Bersyukur. Bersyukur adalah salah satu kebiasaan yang membuat kita selalu berpikir posilif baik terhadap diri sendiri maupun keadaan sekitar kita. Kita merasa puas dengan apa yang kita miliki dan tidak mudah iri hati dengan orang lain.

10. Pastikan bahwa orang-orang disekitar Anda adalah orang-orang yang positif. Pepatah mengatakan "Berbicara dengan orang bijak melebihi belajar selama sepuluh tahun." Cara pandang, pola pikir dan cara mereka melakukan sesuatu akan mempengaruhi cara pandang, pola piker & perilaku kita, Tidak hanya itu, mereka juga tidak sungkan untuk memberi nasehat dan rahasia-rahasia sukses mereka sehingga bisa kita terapkan dalam hidup kita.

Dari buku Spirit Motivator cetakan Spirit Graphic Juli 2013

0 komentar:

Posting Komentar