Random

Get this widget!

Pilih Font

Selasa, 18 Februari 2014

9 Langkah Mendongkrak Penjualan

Print Friendly and PDF

Tidak ada penambahan berarti, dalam kas masuk Anda? Atau justru  tidak hanya stagnan, pendapatan malah rnengalami kemunduran? Jika ya, maka jangan tunda lagi melakukan hal-hal benkut ini untuk mendongkrak penjualan Anda.

1.Temukan Konsumen Baru
Logikanya sederhana, saat ada permintaan lebih, maka pendapatan akan semakin banyak menyusul meningkatnya penjualan. Hubungan dengan pelanggan tetap memang harus senantiasa dijaga, namun adakah program untuk mencari konsumen-konsumen baru? Saat ada konsumen baru, maka peluang adanya pelanggan semakin besar. Pelanggan semakin banyak, sudah pasti penjualan meningkat.


2. Program Penjualan
Tidak ada konsumen yang tidak suka dengan promo. Asal kualitas barang tetap bagus namun mereka bisa dapatkan dengan harga yang lebih murah atau mendapatkan bonus, maka mereka akan tertarik. Secara berkala (atau pada hari tertentu), adakan program promo. Entah itu dengan memberikan potongan harga, bonus, kupon (yang jika terkumpul dalam jumlah tertentu bisa ditukar), dsb.

3. Bedakan Konsumen dan Pelanggan
Konsumen memang akan mengungklt penjualan, namun demikian pelanggan tetap yang terutama. Sebaiknya, tetap bedakan bagaimana Anda memperlakukan pelanggan dan konsurnen, khususnya dalam mengadakan program untuk penjualan (poin no. 2). Misalnya, berikan diskon kepada pelanggan dan biarikan ia tahu perusahaan memberinya perlakuan khusus.

4.Permudah Prosedur Pembelian
 Sekali-kali, posisikan diri sebagai pembeli.  Apa yang Anda rasakan dan bagairnana kesan And a saat Anda mernbeli barang dari perusahaan Anda. Apakah ada tahap yang perlu dipangkas karena tidak perlu?  Si'stem dan prosedur pembelian yang mudah, jelas akan menjadi magnet kuat yang akan menarik  pembeli bertransaksi dengan perusahaan Anda.

5.Kenali Kompetitor
Dalam seni perang, mengenali  rnusuh  adalah keharusan.  Demikian juga dalam usaha, memberikan apa yang tidak bisa perusahaan sejenis  lain  berikan, akan membuat perusahaan Anda menjadi pilihan utama konsumen.

6. GunakanTeknologi
Sudahkah perusahaan Anda  "go-online?  Entah itu  website, atau pengunaan media social lainnya seperti facebook, twitter, BBM, dll,  adalah instrument  yang makin menjadi keharusan jika Anda ingin marketing perusahaan berkembang.  Jangan ragu untuk memakai teknologi. Jika Anda mungkin gaptek, masih selalu ada waktu untuk belajar.

7. Marketing Boost
Tidak dipungkiri, marketing adalah ujung tombak penjualan. Karena itu, sudah semestinya bagian ini dipelihara motivasi dan semangatnya. Berikan training-training yang membuat mereka menjadi semakin andal  dalam menjual. Juga berikan insefitif (uang, liburan, hadiah, dsb.) Jika rnereka memenuhi target penjualan tertentu.

8. Iklan
Pastikan apa yang Anda jual diketahui oleh banyak orang. sehjngga peluang untuk mereka rnembeli semakin besar. Jika produk Anda saja tidak dikenal, bagaimana mungkin  akan ada transaksi lklankan produk Anda secara tepat sasaran jika perlu berikan sampel sehingga konsumen merasa semakin mantap dengan produk yang Anda tawarkan.

9. Pasang Target Penjualan
Sering kali orang akan lebih termotivasi saat ada target atau tuJuan yang dipatok. Target membuat mereka termotivasi dan lebih jelas melangkah. Namun ingat juga bahwa target harus realistis. Target yang tidak realistis justru akan rnenimbulkan  efek yang  sebaiiknya. Karyawan justru akan rnerasa putus asa

Sumber : Buku Spirit Motivator

0 komentar:

Posting Komentar