Random

Get this widget!

Pilih Font

Senin, 10 Februari 2014

5 Kesalahan Sales

Print Friendly and PDF

1. Menjadi Brosur Berjalan
Untuk membuat konsumen sekadar tahu,  brosur sangat  membantu. Namun, agar paham dan kemudian membeli, tenaga sales diperlukan. Sayangnya, banyak tenaga sales justru menjadi brosur berjalan. la hanya menginformasikan fitur produk tanpa menggali keinginan calon pembeli. Dan, ia lebih banyak berbicara daripada mendengarkan calon pembeli.

2.Terburu-Buru
Sering kali, transaksi akan terjadi saat ada relasi. Sayangnya, alih-alih menjalin relasi teriebih dahulu, sales terburu-buru  memburu transaksi. Lebih baik, jangan buru-buru saat menjual. Ambil waktu untuk mendidik calon pembeli mengenai apa yang Anda Jual dan bagaimana produk itu akan berguna bagi mereka. Jangan hanya informasikan fungsi, tapi berikanlah solusi (bagi masalah yang dialami calon pembeli).

3. Melupakan Layanan Purnajual
Sering kali yang terjadi adalah sales berpikir bahwa asal barang terjual, maka target terpenuhi. Padahal, kalau mau berpikir jangka panjang, layanan purnajual juga memegang peranan penting bagi kebaikan penjualan di masa depan. Setelah terjual,  cobalah  meminta  input dan testimoni dari pembeli
mengenai barang yang Anda jual. Bahkan, jalinlah komunikasi dengan pembeli itu seintensif pada saat menawarkan, sehingga ia menjadi pelanggan dan terjadi repeat sales.

4. Kecerdasan Emosional Rendah
Seorang sales hendaknya tidak mudah terbawa emosi. Sales seperti ini biasanya bekerja berdasar mood, bukan target la gengsi bertanya atau belajar teknik baru. la menganggap keberhasilan rekan sebagai alasan untuk menjatuhkannya, dan bukan cambuk untuknya menjadi lebih baik. la tidak sanggup menahan amarah saat ada pelanggan yang mengajukan komplen (terutama tidak masuk akal). la mudah menyerah serta takut terhadap penolakan.

5.Tidak Siap
Anda siap menjual, tapi barang tidak siap, maka konsumen akan kecewa.
Sebaliknya, barang siap jual, tapi Anda tidak siap menjual (product
knowledge kurang), maka tidak akan ada transaksi. Kesiapan barang dan
kesiapan Anda sebagai penjual harus berjalan berbarengan. Ketidaksiapan
salah satunya bisa berakibat fatal bagi tingkat sales.

0 komentar:

Posting Komentar